Tuesday, September 9, 2008

Pengalaman-pengalaman Kecil


Memperbaiki komputer dalam aktu yang lalu-lalu, ada beberapa hal yang aku coba share. Ada banyak hal yang biasa aku temui, yang menyebabkan komputer tidak berjalan dengan baik (khususnya yang menyangkut kerusakan hardware lho :)
1. Komputer sering restart dan keluar bunyi bep- bep -bep
Hal ini terjadi karena terjadi overheat yang menyebabkan komputer off secara otomatis. Mainboard yang sekarang rata-rata sudah dilengkapi dengan sensor thermal yang akan memantau suhu di processor sehingga apabila terjadi suhu yang berlebihan akan sevara otomatis melakukan proteksi dengan langsung off(mati). Ada hal yang aku cermati ternyata rata-rata hal ini terjadi karena kapasitor power(yang ada di kanan kiri processor) sudah mati/jelek, yang biasa di sebut dengan bad capasitor. Untuk mengatasi masalah ini mudah-mudah gampang, yaitu mengganti capasitor yang rusak. Biasanya capsitor ini ukurannya 6,3 V 1000-1500 uF. Memang agak sulit untuk mencari kapasitor dengan ukuran itu, tapi dengan sedikit berusaha pasti ada deh.:).




2. Power Supply Unit mati/lemah
Power supply sebagai sumber tegangan DC(searah) yang bekerja dengan baik harus bisa menyediakan kebutuhan daya yang cukup dari komputer. Memang usia PSU (Power Supply Unit)tidak dapat di prediksikan untuk berapa lama, tergantung dari lamanya pemakain. Ada cara untuk mengetahui apakah PSU masih baik atau mulai lemah, yaitu dengan menggunakan Multitester(AVO meter). Kita bahas nanti....he2..
Menurut pengalaman selama ini usia PSU bekisar antara 2-3 tahun, itupun bisa dikatakan sangat bagus, setelah itu komponen-komponen elektronik yang ada biasanya akan melemah(resistor, kapasitor, transistor,travo, etc). Pernah mencoba untuk memperbaiki tatapi biayanya tidak sebanding dengan hasil yang diharapakan. Untuk kondisi PSU yang lemah/ mati mendingan di ganti dengan PSU yang baru.

Ada beberapa tools yang membantu dalam kegiatan -kegiatan selama ni, antara lain:
1. Solder
3. Penyedot timah
4. Timah
5. PCI debug.

Ada alat yang menjadi senjata pamungkas dalam menghadapi permasalahn-permasalahan hardware komputer khususnya mainbord yang tidak bisa diselesaikan berdasarkan analisa
semata yaitu dengan PCI debug. Dengan alat ini kita bisa melihat proses Posting (POST) dari sebuah perangkat komputer, sehingga lebih mudah mengetahui kerusakan yang terjadi. mungkin bisa dilihat di previewnya PCI debug ku...



0 comments:

Post a Comment